3 Fase Dalam Kehidupan Saya



Kira-kira beberapa minggu yang lalu saya bertemu secara tidak sengaja dengan salah satu teman kuliah saya. Dia bertanya pada saya dimana saya bekerja, di industri seperti apa? Apakah masih mendesain produk-produk elektronik rumah tangga? Saya tertegun sejenak. Masya Allah! berapa lama saya sudah meninggalkan dunia tersebut? Perlu saya jelaskan sedikit disini bahwa latar belakang pendidikan saya adalah desain produk industri dimana praktisinya disebut dengan desainer produk industri atau dalam bahasa Inggrisnya, industrial designer. Saya lulus dengan nilai yang cukup baik, dan sempat 6 tahun bekerja sesuai dengan ilmu yang saya pelajari tersebut di perusahaan elektronik asal Jepang yang cukup terkenal, Panasonic (dan National, back then). No wonder kalau banyak orang pada waktu itu mengenal saya sebagai seorang industrial designer.

Saat saya masih kuliah, saya sempat juga bekerja di sebuah biro desain yang sekarangpun sudah jadi biro desain yang cukup ternama, namanya Dedato (sekarang namanya Dedato Indonesia). Pokoknya saya dikenal sebagai hardcore industrial designer yang tidak mau berpaling ke dunia lain. Itulah fase pertama saya menjadi orang dewasa yang tidak lagi tergantung lagi oleh orang tua saya.

Fase kedua adalah ketika saya jatuh cinta terhadap dunia internet (istilah digital pada saat itu belum terlalu dikenal). Menggabungkan kemampuan mendesain dengan dunia internet menjadikan saya sebagai seorang web developer dan desainer di malam hari dan seorang industrial designer untuk Panasonic di siang hari. Hari demi hari, bulan demi bulan saya menggeluti dunia internet ini. Saya bereksperimen dengan membangun beberapa komunitas maya berbasis mailing-list, yang akhirnya memberikan bekal yang membuat saya diterima di perusahaan global, Yahoo!

Fase ketiga adalah fase paska Yahoo!, yang dimulai saat saya memutuskan untuk resign di tahun 2014, setelah sekitar 5 tahun bersama Yahoo! Fase ini adalah fase pencarian yang panjang dan terberat sampai saat ini menurut saya. Di fase ini saya yakin tidak ada lagi orang yang tahu bahwa saya adalah seorang industrial designer. Sebagai gantinya saya dikenal sebagai pengamat digital, hanya semata-mata karena saya memulainya jauh lebih dulu dari kebanyakan orang. Apakah benar demikian? Saya sangat yakin inilah persepsi banyak orang pada saat ini melihat keberadaan saya. Tidak memiliki branding yang kuat karena positioning yang juga tidak terlalu jelas juga.

Pertanyaan banyak orang tentang saya biasanya berkutat pada dua fase pertama. Karena memang pada masa-masa itulah positioning saya cukup jelas.

Lalu sekarang saya ngapain sih?

Okay…..sepertinya agak terlalu lama saya menjadi orang yang tidak diketahui pekerjaannya. Saya pikir mungkin ada baiknya saya mulai untuk bercerita tentang apa saja yang saya kerjakan pada saat ini dengan perspektif pekerjaannya (bukan dari perspektif saya), sehingga akan jadi runtutan konten yang lebih relevan.

Lagian cukup kali ya di blogpost ini saja cerita tentang saya…:-)

Photo by Keagan Henman on Unsplash 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.