Makam & Aktivitas Tahunan Yang Mengikutinya



Sebentar lagi kita akan memasuki bulan puasa dan juga lebaran yang selalu diikuti oleh aktivitas-aktivitas khas yang jarang terjadi di bulan-bulan lain ataupun waktu-waktu lainnya, mulai dari sahur, buka puasa, begadang, lemes disiang hari bolong, ngeracunin temen supaya buka...uuppss...hehehe, itu sih bukan aktifitas ya, dasar jahil aja...hehehe. Yang paling ketara adalah kegiatan mengunjungi makam keluarga, yang oleh orang Jawa istilahnya Nyekar dan kalau orang Sunda istilahnya Nadran. Kegiatan ini dilakukan sebelum memasuki bulan puasa dan sewaktu lebaran, yang serentak bikin jalan-jalan besar disekitar pemakaman macet total..tal...tal...

Cuman kepikiran aja sih sebenarnya, kalau dilihat-lihat, sebuah makam itu minimal berukuran 1x3 meter kan, dan kalau sudah jadi pemakaman yang isinya beratus-ratus makam, kebayang dong berapa besar lahan yang dibutuhkan untuk makam-makam tersebut. Dulu sempat mikir, kalau mengambil logika tempat parkir mobil yang juga butuh tempat parkir selebar mobil itu sendiri, maka sejak sekarang sudah ada tempat parkir mobil bertingkat, bisa gak ya makam diperlukan seperti itu juga? Kalau bisa, wueleeeh....bakalan ngirit tempat buanyaaak banget. Bayangannya ada sebuah gedung yang fungsi ruangan2nya adalah makam....keren gak tuh....hehehe. Cuman kalau dipikirin lebih dalam lagi, artinya disetiap ruang makam tersebut mesti ada tanah yang dalemnya sekitar 1,5 meter atau lebih. Belum proses hancurnya jenazah oleh tanah, duuh....ternyata gak sesimpel itu ya, malah rasanya justru nambah keruwetan.

Ngomongin ngirit tempat, ada satu cara lagi, yaitu kremasi, atau dibakar sampai jadi abu. Cara ini dilakukan di India dan juga China. Di Bali juga dilakukan upacara pembakaran jenazah yang disebut Ngaben. Cara ini adalah cara favorit saya, walaupun di agama saya gak dikenal cara kremasi ini. Bayangin, kalau semua jenazah dikremasi, lalu abunya dimasukkan kedalam guci. Yang ada pengelola pemakaman akan banyak yang bangkrut dan memulai bisnis penyimpanan guci abu jenazah. Kalaupun mau, bisa saja disimpan sendiri guci nya dirumah, lalu setiap saat bisa dilakukan nyekar atau nandran tanpa mesti kenal waktu. Nah dijamin gak akan muncul kemacetan2 yang bikin kita semua susah...:-)

Foto: Media Indonesia

2 komentar

Autotechnology mengatakan...

kena macet ya bang depan tpu situ? cucian deh... :p

bangwin mengatakan...

hehehe....iya sond, gak cuman disitu. Dimana2 pas ke tanah kusir, pas lewat casablanca, dimana2 deh....hehehe

Diberdayakan oleh Blogger.